25 DESAIN TATTOO POPULER DAN ARTINYA

Sebenarnya, artikel 25 Desain Tattoo Populer dan Artinya ini mau tak kasih judul Desain Tattoo yang Mainstream Banget jadi Mendingan Jangan Dipakai Aja. Tapi selain kok kepanjangan, siapa juga aku ini kok ngelarang-larang ye kan? Hahaha.

Di dunia ini banyak banget desain tattoo. Malah sebenernya sih, desain tattoo itu nggak terbatas, wong ngarang-ngarang sendiri juga bisa. Mau abstrak banget kaya benang ruwet juga terserah. Meskipun macemnya mirip-mirip juga masing-masing tattoo artist pasti punya gaya menggambarnya sendiri-sendiri.

Tapi memang ada beberapa desain tattoo yang banyak banget dipakai. Aku tahu itu dari mana? Karena aku sering lihat. Nah, menurut hasil ‘penglihatanku’, berikut ini 25 desain tattoo populer atau paling banyak dipakai beserta artinya. Artinya aku dapet dari hasil baca-baca sih, jadi ini arti secara umum. Soalnya balik lagi, makna tattoo itu sangat-sangat personal. Masing-masing orang pasti beda mengartikannya.

Aduhai, lama amat ini basa-basinya. Jadi 25 desain tattoo poluper itu yang mana aja? Nih:

Tribal

tribal tattoo dolphinborneotattoo
tribal tattoo karya @dolphinborneotattoo

Kata tribal sendiri berasal dari kata ‘tribe’ yang artinya suku. Jadi, jaman dulu tattoo tribal umumnya digunakan sebagai penanda kesukuan, status sosial, dan ekspresi relijius. Selain itu juga digunakan sebagai perlindungan dan berfungsi juga sebagai kamuflase di dalam hutan.

Tattoo tribal modern umumnya mengadaptasi desain tradisional, tapi sudah tidak berfungsi sebagai penanda status kelompok atau sosial lagi.

Bintang

star tattoo foehammertattoo
Tato bintang karya @foehammertattoo

Tattoo bintang itu salah satu tattoo yang paling sering kulihat. Mungkin karena bintang mudah untuk digabungkan dengan desain lain. Ngomong-ngomong, bintang sendiri merupakan salah satu simbol tertua di banyak kepercayaan dan budaya lohh. Maknanya bisa bervariasi, antara lain harapan, pencapaian, keberuntungan, keseimbangan, dan keimanan.

Salib

cross tattoo tian tatu
Tato salib di punggung karya @tian_tatu

Meski nggak selalu, tattoo salib umumnya merupakan ekspresi relijius seseorang. Seenggaknya, itu yang jadi kesan pertama setiap kali aku melihat orang dengan tattoo salib. Padahal, kamu nggak harus menjadi penganut agama tertentu untuk memiliki tattoo salib. Sebelum menjadi simbol suci keagamaan, salib sudah dikenal digunakan sebagai alat dalam suatu metode eksekusi. Selain itu, beberapa orang menganggap salib sebagai simbol penghormatan kepada empat elemen alam semesta: tanah, udara, air, dan api.

Malaikat

angel tattoo tossoszach art
Tato malaikat karya @tossoaszach

Ada dua jenis tattoo malaikat: guardian angel atau fallen angel. Guardian angel seperti namanya, dianggap memiliki segalanya yang baik-baik. Melambangkan kesempurnaan dan perlindungan. Sedangkan fallen angel mewakili kelompok yang terusir bisa bermakna penyesalan, kesepian, kesedihan, dan lain sebagainya.

Sayap

wing tattoo centraltattoo
Realistic tato sayap karya @centraltattoo

Apa yang bisa dilakukan sayap untuk mereka yang memilikinya? Yup, kemampuan untuk terbang. Tattoo sayap bisa melambangkan kebebasan, kecepatan, inspirasi, dan kemungkinan untuk melakukan hal-hal yang luar biasa.

Baca juga:  Tattoo Maori

Naga

dragon tattoo lionkluxuryink
Tato naga karya seniman bali @lionkluxuryink

Aku sih belum pernah lihat naga. Kalian pernah nggak? Tapi banyak yang percaya kalau naga benar-benar ada loh (aku termasuk). Meskipun sebenarnya jauh lebih banyak orang yang belum pernah melihat naga dari pada yang mengaku melihat, tapi naga sangat populer di berbagai mitos dan legenda. Naga umumnya dianggap melambangkan kekayaan, kesuksesan, keberuntungan, keajaiban, kecerdasan, kebijaksanaan, keabadian, dan sesuatu yang misterius.

Burung Phoenix

phoenix tattoo andrianbascur
Tato burung phoenix watercolor karya @andrianbascur

Burung Phoenix menjadi salah satu desain tattoo paling digemari karena dia memiliki semua sifat-sifat yang mengagumkan. Burung phoenix merupakan simbol keabadian, lambang dari siklus kehidupan setelah mati, perjalanan waktu, dan kehidupan abadi. Bukankah semua orang kalau bisa pengen hidup selamanya? Kalau aku sih enggak.

Kupu-kupu

butterfly tattoo x tattoo005
Tato 3D kupu-kupu karya @x_tattoo005

Kupu-kupu itu binatang yang cantik dan lucu. Dia punya sayap yang berwarna-warni dan hidup di antara bunga-bunga. Tattoo kupu-kupu biasanya lebih banyak dipakai cewek, meskipun ada juga cowok yang punya tattoo kupu-kupu. Tattoo kupu-kupu biasanya melambangkan metamorphosis lah, apa lagi? Itu lhoo, perubahan dari jelek jadi cantik. Makanya kalian jangan suka menghina kalau aku hari ini masih jelek. Besok aku berubah jadi kupu-kupu baru tahu rasa.

Peri

fairy tattoo nandopiranha
Tato peri karya @nandopiranha dengan ciri khasnya

Kalau ngomongin peri, kita jadi ingat cerita dongeng. Mulai dari Cinderella sampai Tinkerbell. Siapa yang nggak pengen pelihara peri, kalau saja peri dijual di pet shop ya kan? Sosok ajaib yang bisa memunculkan benda-benda dan membuat keinginan kita menjadi nyata. Itulah kira-kira makna tattoo peri: tentang impian dan harapan untuk menjadikannya nyata. Tattoo peri juga melambangkan perlindungan dan kebahagiaan.

Singa

lion tattoo miguelcamarillo
Tato singa black and grey karya @miguelcamarillo

Si raja hutan. Udah deh, di mana-mana yang jadi raja hutan itu selalu singa. Nggak pernah kancil. Tattoo singa melambangkan kekuatan, kekuasaan, kepemimpinan, kesetiaan, dominasi, kepercayaan diri, dan keberanian.

Mawar

rose tattoo abietattoostudio
Tato mawar dilengan karya artist Indonesia @abietattoostudio

Mawar memiliki banyak arti. Bunganya melambangkan cinta dan keindahan, sedangkan durinya melambangkan pengorbanan dan pertahanan. Mawar juga memiliki arti yang lebih bervariasi tergantung warnanya. Mawar kuning melambangkan kebahagiaan, mawar putih melambangkan kemurnian dan ketulusan, mawar merah melambangkan cinta sejati, sedangkan mawar hitam melambangkan kematian, kegelapan, dan perpisahan.

Hati

heart tattoo sevenmoods
Tato hati karya @sevenmoods

Bentuk hati itu mewakili jantung yang melambangkan kehidupan. Tapi pada perkembangannya, simbol hati juga melambangkan cinta dan passion. Makna tattoo hati juga bisa bervariasi sesuai desainnya, seperti hati dengan sayap yang melambangkan semangat kebebasan, hati berwarna hitam yang melambangkan kesedihan yang dalam. Tapi aku tahu kamu mau bikin tattoo hati apa. Pasti hati yang patah sebagai pengingat nasib asmara yang sial melulu. Iya kan?

Baca juga:  Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari Tattoo

Tengkorak

skull tattoo eliot kohek
Tato realistic tengkorak karya @eliot.kohek

Dulunya, tattoo tengkorak identik dengan geng pengendara motor. Bukan geng motor yang seperti di sinetron Anak Jalanan tapinya. Tattoo tengkorak melambangkan gaya hidup mereka yang penuh bahaya. Soalnya naik motor kebut-kebutan itu bahaya kan? Belum lagi kalau harus tawuran antar geng. Jaman sekarang, tattoo tengkorak jadi salah satu desain yang paling populer bagi pria maupun wanita, baik pengendara motor ataupun yang sehari-harinya naik bajaj. Tattoo tengkorak juga dikenal sebagai lambang kematian. Jadi beberapa orang membuat tattoo tengkorak untuk mengingat kematian orang yang mereka sayangi.

Tattoo tengkorak juga memilik banyak makna positif seperti melambangkan perubahan gaya hidup, atau pertanda kalau mereka telah move on dari kebiasaan buruk di masa lalu.

Mahkota

crown tattoo dominiocortez
Tato couple mahkota karya @dominiocortez

Sebagai penguasa tertinggi suatu kerajaan, seorang raja biasanya memakai mahkota yang terbuat dari logam mulia dan batu-batu berharga. Jadi pada umumnya tattoo mahkota melambangkan kekuatan, kekuasaan, kekayaan, kemewahan, dan keberuntungan. Tapi bisa juga berarti lain, misalnya tattoo mahkota dengan nama orang yang kita sayangi, bisa diartikan orang tersebut adalah raja atau ratu di hati kita. Siapa nih yang mau jadiin aku ratu di hatinya?

Matahari

sun tattoo chahoudtattoo
Tato matahari karya @chahoudtattoo

Tidak akan ada kehidupan di muka bumi ini tanpa adanya matahari. Matahari adalah pusat tata surya yang memberikan cahaya, kehangatan, dan energi yang membuat semua bentuk kehidupan di dunia menjadi mungkin. Karena perannya yang sangat penting, jaman dulu banyak berkembang kepercayaan yang menyembah matahari atau dewa matahari. Di era modern, tattoo matahari biasa diartikan sebagai kehidupan, energi, semangat, kemampuan menyembuhkan, dan kecerdasan.

Jangkar

anchor tattoo lassautdelanj
Tato jangkar karya seniman @lassautdelanj

Dulunya tattoo jangkar identik dengan siapa-siapa yang bekerja di bidang kelautan, tapi sekarang sudah tidak lagi. Kamu yang cuma hobi mancing ikan di akuarium dan takut ombakpun boleh kok pakai tattoo jangkar.

Karena jangkar itu berfungsi untuk menahan kapal tetap pada tempatnya selama berlabuh, jadi tattoo jangkar biasa dianggap sebagai simbol kekuatan dan stabilitas. Jangkar melambangkan sesuatu yang membuatmu tetap stabil meskipun badai kegalauan memporak porandakan kehidupanmu. Sebagai pengingat betapapun kerasnya cobaan hidup, kamu akan baik-baik saja.

Laba-laba

spider tattoo crespo
Tato laba-laba karya seniman Indonesia @crespo_tattoo

Laba-laba itu hewan yang lucu. Dia diem aja di jaringnya, menunggu mangsa terperangkap. Dia menunggu dalam kesendirian. Makanya tattoo laba-laba sering diartikan sebagai kebijaksanaan dan keberuntungan. Selain itu, laba-laba juga memiliki delapan kaki yang sering diartikan sebagai keseimbangan.

Baca juga:  Desain Tato Anak Forum

Ikan

koi tattoo steward modernclassic
Tato japanese koi karya @steward_modernclassic

Tattoo ikan ini banyak macemnya. Paling sering sih aku lihatnya ikan koi. Kira-kira ada nggak ya, yang bikin tattoo ikan lele? Makna tattoo ikan bisa bervariasi tergantung jenis ikannya. Tapi secara umum, ikan melambangkan keberuntungan, kesabaran, ambisi, kekuatan, kebijaksanaan, dan kekayaan.

Lumba-lumba

dolphin tattoo jody1kanobi
Tato lumba-lumba karya @jody1kanobi

Lumba-lumba kok dibikinin poin sendiri? Bukannya termasuk ikan? Enggak lah. Lumba-lumba kan mamalia. Lumba-lumba itu dikenal ceria dan bersahabat. Dia juga cerdas dan imut. Tipe pacar idaman banget deh. Tattoo lumba-lumba melambangkan hidup yang menyenangkan, ceria, optimis, dan segala sesuatu yang positif.

Pistol

pistol tattoo zipinblack
Tato pistol karya @zipinblack

Tattoo pistol umumnya diartikan sebagai pemberontakan, kekerasan, dan kejahatan. Ini nggak sepenuhnya benar. Tattoo pistol juga memiliki arti positif seperti kekuatan, keamanan, perlindungan, dan kehormatan.

Teratai

lotus tattoo sidtattoo
Tato bunga teratai karya @sidtattoo

Teratai dianggap melambangkan kemurnian spiritual karena kemampuannya tumbuh di tempat berlumpur. Selain itu, teratai juga dianggap mewakili kebaikan yang lahir dari keburukan atau proses transformasi dari buruk menjadi baik.

Yin-yang

yin yang tattoo dariastahp
Tato yinyang tema alam karya @dariastahp

Umumnya, tattoo yin-yang dibuat dalam warna hitam-putih. Tapi jaman sekarang sudah banyak yang memberi warna lain pada desain yin-yang. Apapun warnanya, intinya sama saja: keseimbangan. Sesuatu yang bertolak belakang tapi bisa disatukan.

Quotes

quote tattoo pigmentedtattoos
Tato quote karya @pigmentedtattoos

Kalau ini sih tergantung quotenya apaan lah. Namanya aja kutipan. Biasanya berupa kata atau kalimat yang dianggap berarti bagi si pemilik tattoo.

Not musik

musical notes tattoo juliasaccardo
Tato not musik karya @juliasaccardo

Desain not musik pada tattoo melambangkan kecintaan pada musik, harapan, dan energi. Selain itu, bisa juga diartikan sebagai sesuatu yang selalu ada baik di saat suka maupun sedih.

Pin Up Girl

pinup girl tattoo by lakesidtattoos
Tato pinup girl karya @lakesidtattoos

Tattoo pin up girl biasanya muncul berupa cewek cantik, seksi, elegan, dan genit. Gampangnya kaya aku, eh, Marlyn Monroe gitu. Desain tattoo pin up girl melambangkan kecantikan, feminitas, female strength, dan perasaan seksi. Tattoo pin up juga kadang digunakan sebagai ekspresi sayang seorang cowok pada ceweknya. Jadi gimana? Udah punya rencana bikin pin up girl tattoo dengan wajah aku belum? 😀

Nah, itu dia 25 desain tattoo paling populer dan artinya. Ingat ya, sebelum benar-benar memutuskan bertattoo, penting banget buat kamu mengerti arti di balik desain yang kamu pilih. Jadi kamu bener-bener paham maksud dan artinya. Jangan sampai pas tattoonya udah jadi trus baru nanya di forum “Ini kira-kira artinya apa ya bro?” Lahh, gimana sih.

Tattoo virgin. Bisa ditemui di akun facebooknya.

Related Post to 25 DESAIN TATTOO POPULER DAN ARTINYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *