Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari Tattoo

Belajar dari tattoo? Memangnya apa yang bisa dipelajari dari tattoo?

Tattoo itu apa sih? ekspresi seni? Simbol? Pernyataan? Suatu wujud dari makna yang nggak kelihatan? Ternyata, tattoo juga adalah pelajaran lohh. Iya. Yang namanya belajar itu kan dari mana saja. Termasuk dari tattoo, kita tanpa sadar belajar banyak hal tentang kehidupan.

Kalau gitu, kita bisa belajar apa saja dong, dari tattoo?

Yang Penting Diri Sendiri Nyaman

tato pergelangan kaki cewek

Orang bilang tattoomu jelek? Tapi kamunya suka? Yaudaaaah.
Dalam hidup ini kita sering dihadapkan pada pilihan-pilihan. Milih aja sih aslinya gampang. Yang bikin pusing itu kalau pas milihnya kita harus mempertimbangkan pendapat orang. Nggak bakal ada selesainya dan nggak jadi-jadi malahan. Karena semua orang pasti punya pendapat yang berbeda dan kita nggak bisa nyenengin semuanya.

Kepusingan itu bisa diatasi dengan cara milih sesuai hati nurani. Yang penting diri sendiri nyaman. Nggak ganteng nggak apa-apa kak, yang penting nyaman. Kan katanya gitu.

Kesan Pertama Nggak Selalu Benar

tato cowok

Orang awam kalau ketemu sama orang bertattoo kesan pertamanya gimana sih? Kebanyakan ya gitu kan? Tattoo sama dengan preman. Tattoo sama dengan tukang palak terminal. Tattoo sama dengan penjahat. Dan banyak lagi.

Sementara kita semua tahu kenyataannya. Aku banyak ketemu orang bertattoo yang pinter banget sampai bikin minder, trus juga kreatif, berbakat, dan banyak lagi.

Pernah kejadian temenku tiba-tiba update status katanya sebel banget pas ketemu sama orang bertattoo (padahal orang bertattoonya nggak ngapa-ngapain dia sih). Pokoknya sebel aja. Eeh, tahu-tahu si orang bertattoo yang dia sebelin tanpa alasan yang jelas ini malah bagi-bagi makanan ke orang-orang di jalan. Kan temenku itu jadi malu sendiri.

Dari sini kita belajar dari tattoo bahwa kesan pertama itu nggak selalu bener. Kita nggak bisa menilai orang gitu aja hanya dari kesan pertama yang kita dapat. Bisa jadi kenyataannya beda banget 180 derajat. Konon, manusia itu kan kayak bawang. Punya banyak lapisan yang kita belum tahu.

Baca juga:  Cara Mengatasi Rasa Sakit Ketika Ditato

Sakit Itu Sementara

tato mawar cewek 2

Proses tattoo memang menyakitkan. Tapi kesakitannya toh nggak selamanya dan terbayar dengan keindahan hasil tattoonya ya kan?
Jadi pelajaran ketiga yang bisa kita petik dari tattoo adalah, sakit itu sementara. Kalau dalam hidup kita mengalami pengalaman yang menyakitkan, ingat saja peribahasa berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian. Percaya aja kalau di balik semua kesakitan, ada keindahan.

Jadi kalau sekarang ini kamu lagi sakit hati karena dipecat dari kerjaan padahal nggak salah apa-apa, ingat kalau nanti kamu bisa balas dendam dengan cara merampok dan membakar kantornya akan dapat yang jauh lebih baik. Itu hanya bagian dari proses dan petunjuk kalau kerjaan yang sekarang memang belum yang terbaik.

Jangan Takut pada Pengalaman/ Hal Baru

tato kompas watercolor

Bagi orang yang belum pernah tattooan sama sekali, bisa jadi bertattoo adalah pengalaman yang menakutkan. Tapi kalau udah toh jadinya malah ketagihan. :p

Di sini kita belajar dari tattoo bahwa dalam hidup ini kita jangan takut mencoba hal-hal baru. Mungkin menyakitkan, mungkin nggak nyaman, tapi nggak ada salahnya mencoba.

Makna Itu Subjektif

tato jangkar cewek

Makna tattoo selalu berbeda-beda bagi masing-masing orang. Sekalipun gambarnya persis sama, makna di dalamnya bisa jadi beda.

Dalam hidup juga gitu. Nggak ada satu halpun yang maknanya pasti. Bahkan angka sekalipun. Angka dua bagimu mungkin berarti satu ditambah satu, tapi buatku bisa berarti tiga dikurangi satu. Dari sini kita juga belajar kalau kita nggak bisa memaksa semua orang untuk berpikiran sama.

Uang Bukan Segalanya

tato realis

Salah satu hal yang jadi perhatian kalau mau tattooan itu adalah masalah harga. Belum tattooan kenapa? Belum ngumpul duitnya. Karena tattoo yang bagus pasti harganya juga setimpal. Tapi tattoo itu bertahan selamanya sedangkan harganya toh nanti kita lupa. Apa ada yang di tattoonya dikasih price tag biar inget terus? Enggak kan?

Baca juga:  Tipe-tipe Klien Tato yang Menyebalkan

Jadi kita juga bisa belajar dari tattoo bahwa uang itu bukan segalanya. Mungkin kadang kita merasa sayang ngeluarin uang agak banyak untuk sesuatu yang benar-benar bagus. Padahal setelah dipikir-pikir lagi aslinya harga yang kita keluarin hari ini tuh nggak ada apa-apanya dengan hasil yang kita terima.

Nggak Ada yang Salah Selama Kamu Jujur pada Dirimu Sendiri

tato mawar cewek

Orang tattooan trus dibully, nggak diterima di keluarga dan masyarakat, susah nyari kerja, nggak direstui calon mertua, dan lain sebagainya. Trus gara-gara itu kamu merasa bersalah dan menyesal udah tattooan.

Sebenarnya ya, nggak ada yang salah selama kamu jujur sama diri sendiri. Tattooan karena maumu sendiri, bukan karena ikut-ikutan temen gaul atau pacar.

Hal ini berlaku nggak soal tattoo aja, tapi keputusan lain dalam hidupmu juga.
Sampai sini kita juga belajar dari tattoo bahwa keputusan itu harus jujur berdasarkan diri sendiri, bukan orang lain.

Kadang Asik Juga Jadi Pusat Perhatian

tato cewek

Di masyarakat kita, punya tattoo emang berpotensi dapat tambahan perhatian sih. Kenapa? Karena orang yang bertattoo dianggap berbeda. Orang yang ‘berbeda’ memang jadi sering mendapatkan perhatian tambahan.

Pelajarannya dari sini, nggak masalah jadi beda dan kemudian diperhatikan orang. Misalnya kamu yang secara fisik berbeda, atau memiliki penampilan berbeda, bicara dengan logat yang berbeda, dan sebagainya. Kenapa harus jadi rata-rata kalau kita tercipta unik ya kan?
Jadi dirimu sendiri adalah kebahagiaan yang sebenarnya.

Menjadi Berani

tato singa

Buat aku sendiri, tattoo mengajari satu hal yang pasti, yaitu untuk menjadi berani. Berani jadi diri sendiri, berani menyatakan pendapat, berani menjadi berbeda, berani mengambil risiko, dan berani-berani yang lainnya.
Hidup ini berat, kakaaak. Butuh keberanian untuk menghadapinya.

Menjadi Bijak dan Tidak Sombong

mandala tato cewek

Hemm. Gini, nggak bisa dipungkiri memang kalau sekarang ini juga masih ada yang tattooan untuk gaya-gayaan saja. Aku pernah banget gitu pas lagi kehujanan trus berteduh di teras ruko dan bareng sama satu orang cowok nggak dikenal. Kemudian, tahu nggak, apa yang cowok ini lakukan? Dia lepas jaketnya secara dramatis. Untuk apa? Untuk pamerin tattoo di tangannya.

Baca juga:  Persiapan Sebelum Ditato

Aku tahu dari mana kalau dia pamer? Bisa aja kan itu emang dia kegerahan? Aku tahu kalau dia pamer soalnya dia pakai acara lihat-lihatin tattoonya sendiri lamaaa, dielus-elus, dan senyum-senyum sendiri. Sumpah, gaje. Emang bagus sih, tattoonya. Tapi kan nggak harus gitu juga.

Ini pelajarannya. Bertattoo emang keren. Tapi bukan berarti harus pamer dan sombong juga. Sama lah dengan hal-hal lain dalam hidup. Mungkin kamu emang keren banget, kaya raya, ke mana-mana naiknya helikopter. Tapi nggak harus dipamerin juga kan?

Menyesal Itu Tak Ada Gunanya

tato

Dalam seni itu nggak ada yang salah, nggak ada yang jelek. Cuma kadang memang ada sih tattoo yang jelek banget sampai bikin sedih. Lihatnya aja sedih, apalagi yang punya ya? Tapi itulah risiko orang hidup. Kita melakukan kesalahan-kesalahan. Tapi apakah dengan menyesal kemudian ada gunanya? Tentu tidak.

Bagaimanapun, tattoo yang jelek itu tetap punya cerita sendiri. Sama dengan kesalahan-kesalahan lain yang kita lakukan semasa hidup.
Udah, nggak usah nyesel, nggak udah sedih. Lanjutkan hidup! Move on!
Paling yang bisa kita lakukan supaya jangan sampai menyesal ya antisipasi. Berhati-hati. Kalau dalam bertattoo di antaranya ya jangan salah pilih tattoo artist, jangan asal murah. Biar nggak menyesal. Kalau dalam hubungan ya jangan pedekate sama tukang PHP. Gitu aja sih.

Itu dia pelajaran yang bisa kita petik dari tattoo. Bener kan, ternyata kita bisa belajar dari tattoo? Tattoo ngak terbatas pada gambar yang terlihat aja. Banyak makna positif lainnya dalam tattoo, termasuk pelajaran tentang kehidupan.

Tattoo virgin. Bisa ditemui di akun facebooknya.

Related Post to Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari Tattoo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *