Mencegah Pingsan Saat Ditato

Tattoo.id – Mencegah Pingsan Saat Ditato Pingsan saat ditato? Emang ada yang pingsan saat ditato? Ada. Banyak cerita tattoo artist yang mengalami kejadian klien pingsan pas lagi di tengah proses tato. Yang mengejutkan, ‘korban’nya kebanyakan malah cowok. Kok bisa? Karena cowok biasanya gengsi mengakui kalau udah nggak kuat, kesakitan banget, udah kehabisan energi dan sebagainya. Mereka kebanyakan diem, berusaha terlihat kuat dan tegar. Eh, tahu-tahu pingsan.

Penyebab Klien Pingsan Saat Ditato

Sebenernya penyebabnya bisa macem-macem. Tapi umumnya sih karena kehabisan energi. Sekali lagi, proses tato itu menguras energi banget lho. Meskipun ya, kliennya sih kelihatannya cuma duduk-duduk atau tiduran ya. Tapi tetep aja, energinya terkuras banyak.

Bisa jadi juga karena sejak awal kondisi tubuhnya memang lagi nggak fit tapi memaksakan diri untuk ditato. Bisa juga karena pas ngelihatin prosesnya yang melibatkan jarum menusuk-nusuk kulit dan mengeluarkan darah itu trus nggak kuat dan akhirnya pingsan. Makanya kalau kamu tipe yang nggak kuat lihat darah, mending jangan dipandangin. Pandangin wajah tattoo artistnya aja.

Gejala Sebelum Pingsan Saat Ditato

Buat tattoo artist, mungkin bisa dilihat ketika kulit klien mulai terasa lebih lembap, licin karena keringat dingin. Kulitnya terasa dingin dan kelihatan lebih pucat. Kalau udah kelihatan kayak gitu mending istirahan dulu bentar. Suruh minum air dan ngemil dulu sampai energi klien kembali, baru lanjutin proses tatonya.

Buat klien, mungkin akan merasa mual, pengen muntah, pusing, mata berkunang-kunang, lemes, jantung berdebar, dan gejala lain sejenis. Kalau udah merasakan tanda-tanda ini, segera ngomong sama tattoo artistnya minta istirahat dulu sebentar. Nggak usah malu, tenang aja. Gejala ini wajar kok dirasakan. Bukan berarti kamu lemah. Bahkan tattoo artist pun saat ditato bisa merasakan gejala-gejala seperti ini.

Baca juga:  Tattoo Maori

Cara Mencegah Pingsan Saat Ditato

Nah, ini akhirnya. Trus gimana dong, biar nggak pingsan, atau seenggaknya mengurangi gejala-gejala tersebut di atas?

Pastikan Kondisi Badan Fit

Sebelum ditato, pastikan kondisi tubuh sedang dalam keadaan prima. Sehat wal afiat. Kalau lagi sakit jangan memaksakan diri. Terutama orang-orang yang gampang pusing karena anemia, tekanan darah rendah, dan lain sebagainya, pastikan pas hari H, kondisinya sedang baik. Nggak lagi kekurangan darah dan tekanan darah normal.

Cukup Istirahat

Kalau sehari sebelumnya capek banget karena kerjaan atau aktivitas lain, istirahat dulu yang cukup. Tidur cukup. Sampai badan beneran terasa segar dan bugar, baru ditato. Malam sebelumnya nggak usah begadang dulu. Emang kalian nggak hafal lagunya bang Rhoma apa, yang liriknya “Kalau terlalu banyak begadang, muka pucat karena darah berkurang. Bila sering kena angin malam, segala penyakit akan mudah datang.” Itu nasihat serius. Mohon diperhatikan.

Makan yang Cukup

Ini udah sering aku ulang-ulang. Sebelum tato, makan dulu sampai kenyang minimal dua jam sebelumnya. Makannya kalau bisa yang bergizi ya. Bisa mencukupi kebutuhan nutrisi seenggaknya beberapa jam ke depan. Jangan mie instan yang diremukin lagi. Ngenes amat sih.

Bawa Cemilan

Kalau nyimak nasihat tattoo artist, hampir semuanya ngasih saran untuk bawa bekal air minum dan cemilan yang manis-manis. Kenapa? Karena gula bisa memberikan suntikan energi instan yang bisa menambal kebutuhan energi saat ditato sampai proses tato selesai. Yang tadinya udah kayak lemes banget, bisa pulih dengan lebih cepat.

Ngomong Aja Kalau Pusing

Seperti yang udah aku sebutin di atas, kalau udah ngerasain gejala-gejala seperti pusing, mual, dan rasanya nggak kuat, ngomong aja nggak apa-apa. Minta istirahat dulu sebentar. Asal nggak terlalu lama dan nggak terlalu sering juga tattoo artistmu pasti sangat mengerti kok. Nggak akan diledekin juga, tenang aja.

Baca juga:  Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari Tattoo

Pertimbangkan Untuk Menggunakan Numbing Cream

Kalau misalnya tatomu di lokasi yang bakalan sakit banget dan kamu tahu kemampuanmu untuk menahan rasa sakit nggak terlalu kuat sehingga kemungkinan kamu akan merasa sangat kesakitan, bisa minta ke tattoo artistmu untuk dipakaikaan numbing cream dulu sebelumnya. Numbing cream emang nggak mengurangi secara drastis rasa sakit ketika ditato sih, tapi ya lumayan lah. Seenggaknya pikiranmu tersugesti kalau rasanya nggak akan terlalu sakit. Haha.

Udah sih, kurang lebihnya itu aja. Persyaratan dasar yang emang harus kamu lakukan sebelum ditato ya itu semua. Lebih baik mencegah daripada terlanjur kejadian pas ditato malah pingsan. Bikin prosesnya jadi makin lama aja nggak selesai-selesai ya kaan?

Di sini ada yang pernah pingsan nggak pas ditato? Atau ada tattoo artist yang pernah mengalami klien pingsan di tengah proses tato? Boleh dong, bagi pengalamannya di komentar.

Tattoo virgin. Bisa ditemui di akun facebooknya.

Related Post to Mencegah Pingsan Saat Ditato

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *