Panduan Memilih Desain Tato

Urusan memilih desain tato memang nggak gampang. Kadang hal ini menimbulkan dilema tersendiri karena dilihat bukan hanya dari segi aesthetic tapi juga dari sisi arti yang kadang nggak bisa diganggu gugat. Bahkan sebenarnya urusan memilih desain ini bisa menjadi tahap terlama dari suatu proses tato karena membutuhkan pemikiran matang dan perenungan mendalam. Yaelaaaah.

Tapi pada dasarnya, di luar pertimbangan filosofis, langkah-langkah memilih desain tato adalah berikut ini:

Memilih Lokasi Dulu

Yak, betul sekali. Sebelum menentukan desain, pilih lokasi dulu, kamu mau tatonya di mana. Kenapa? Karena desain nanti dibuat menyesuaikan dengan lokasinya. Misalnya, bikin desain buat di paha tentu beda dengan desain di pergelangan tangan. Makanya tentukan lokasi dulu, baru memilih mau gambar apa.

Memilih Style

Kalau udah tahu mau tato di mana dan udah tahu mau gambar apa, langkah selanjutnya adalah memilih style. Tato gambar itu kamu mau bikin gaya apa? Karena ada banyak gaya dalam tato. Misalnya burung hantu, mau kamu bikin realis, kartun, atau tribal?

Mau campur gaya juga boleh. Tato itu seni yang sifatnya personal, jadi suka-suka kamu. Misalnya mau realis mix watercolor. Yang penting nyambung aja sih.

Memilih Artist

Kalau udah tahu mau bikin gambar apa dan dalam gaya apa, baru milih artist. Inilah kenapa, memilih gaya didahulukan. Karena langkah memilih artist ini erat kaitannya dengan gaya yang dipilih.

Usahakan jangan memilih artist yang can do anything. Mending milih yang jelas spesialisasinya dan yang terbaik di style yang kamu mau. Biar hasilnya maksimal.

Kecuali artist yang emang berbakat banget dan bagus di semua gaya ya. Nggak masalah. Cuma yang kayak gini ini langka. Hehe.

Baca juga:  Tips Tato Pertama

Konsultasi Desain

Nah, kan langkah-langkahnya udah semua tadi. Kamu udah punya bayangan banget mau bikin gambar seperti apa, di mana, dengan gaya apa, dan udah milih tattoo artistnya. Di tahap ini, kamu bisa konsultasi sama tattoo artist. Misal “Aku mau bikin gambar mawar di lengan, gayanya realis black and grey, kira-kira gedenya segini. Bagusnya dibikin gimana ya?”

Jadi diskusi di sini lebih ke stylingnya, bukan kamu nanya “Aku mau bikin tato di lengan bagusnya gambar apa?” karena kalau soal gambar apa, itu udah jauh di langkah awal-awal tadi. Kalau sampai sini kamu masih bingung mau gambar apa, silakan balik ke langkah ke pertama.

Memilih Warna

Ini juga wajib didiskusikan dengan tattoo artistnya. Karena beberapa warna susah masuk dan hasilnya nggak begitu cemerlang di warna kulit tertentu. Jadi sekalipun kamu bawa contoh yang bagus banget, warnanya keluar cerah, kadang hasilnya nggak selalu sama kalau warna kulitnya nggak sama. Makanya soal warna ini perlu didiskusikan lagi. Jangan sampai ntar bingung kok hasilnya nggak sama kayak contohnya.

Menentukan Tema

Kalau ini khusus buat yang mau aja. Beberapa orang memperlakukan kulitnya sebagai kanvas raksasa dan berniat untuk menjadikan tubuhnya satu mahakarya utuh. Makanya kadang ada orang yang tatonya rapih banget dengan tema tertentu. Tato kayak gini emang lebih enak dipandang karena nggak terkesan berantakan.

Tapi ini nggak wajib banget kok. Cuma buat yang mau aja, karena kadang kita pengen campur tema dan itu nggak masalah. Yang penting tetep rapi dan nyambung. Jadi nggak kelihatan seperti emblem yang ditempelkan secara acak-acakan.

Kira-kira itu sih gaes, langkah-langkah memilih desain tato. Nggak harus diikuti persis sama. Kalau kamu punya langkah-langkah sendiri yang lebih efektif ya silakan aja. Atau mau nambahin tips langkah-langkah memilih desain tato? Ditunggu lohh komennya.

Related Post to Panduan Memilih Desain Tato

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *