Penyebab Tato Melebar

Tattoo.id-Penyebab Tato Melebar Beneran deh, aku gagal menemukan kata bahasa Indonesia yang tepat untuk kata ‘bleber’. Apa sih? Masa luber? Kan enggak. Atau melebar? Wkwkwk. Aku sampai tanya google, dan bahkan google pun nggak bisa jawab. Heuuuft. Yasudah, akhirnya diputuskan untuk pakai istilah melebar saja. Yah, sebenernya bukan tepat yang aku maksud sih, tapi pencarian untuk tato melebar lebih banyak, so yeah. :p

Kadang kita melihat tato yang lama-lama garisnya itu melebar. Kadang yang tadinya lettering malah berubah menjadi satu blok penuh dan nggak kebaca lagi tulisannya apa. Garis jadi menebal, melebar, bentuknya hilang, dan kadang berganti warna (misal kalau hitam berubah menjadi hijau, dll).

Penyebab Tato Melebar Apa Sih?

Nah, ini kan pertanyaan besarnya: penyebabnya apa? Kok bisa? Untuk penyebabnya sendiri ada beberapa kemungkinan sebagai berikut:

Lokasi Tato

Lokasi tertentu memperbesar kemungkinan bleber. Kasus ini lebih sering ditemukan pada bagian tubuh yang bergerak-gerak seperti siku dan siku dalam. Kenapa? Karena saat kita bergerak-gerak, kulit beserta jaringan di dalamnya juga ikut bergerak-gerak. Hal ini bisa ikut menggerakkan pigmen warna di dalamnya yang bisa mengakibatkan tinta di dalam kulit menyebar sehingga bleber itu tadi.

Trus gimana dong? Masa nggak boleh gerak? Masa tangan harus lurus terus kaku kayak mannequin? Tenang, hal itu bisa diminimalkan dengan teknik mentato yang tepat. Yang membawa kita ke kemungkinan berikutnya.

Skill Tattoo Artist

Nggak bisa dipungkiri memang kalau tattoo artist dengan jam terbang lebih tinggi otomatis memiliki pengalaman lebih banyak, termasuk teknik mentato di bagian tubuh yang tricky. Mereka bisa menyesuaikan dengan kondisi kulit di lokasi yang ditato.

Berbeda dengan tattoo artist yang masih belajar yang mungkin masih nebak-nebak juga. Jadi ingat selalu, sebelum bertato, selalu cek portofolio artistnya, bukan hanya gambar-gambar fresh tattoonya tapi juga gambar pas udah fully healed untuk melihat apakah ada garis yang bleber atau tidak.

Pas Ditato Kamunya Gerak-gerak

Ini udah sering banget dibahas di mana-mana. Kalau pas ditato, usahakan diem anteng seanteng yang kamu bisa. Nggak peduli sejago apapun tattoo artistnya, kalau kamu terlalu banyak gerak pas proses tato, bisa aja terjadi kesalahan, misalnya tinta masuk terlalu dalam, dan ini juga bisa menyebabkan tatomu bleber di kemudian hari. Ingat ya, jadi anak baik, duduk manis. Jangan apa-apa nyalahin tattoo artistnya padahal mungkin kamunya yang usil-usil terus pas ditato.

Perawatan yang Nggak Bener

Perawatan tato baru itu sangat vital peranannya terhadap hasil tato ketika sembuh. Beberapa kasus, tato hasilnya nggak maksimal atau ada yang bleber karena klien nggak mengikuti instruksi perawatan dari tattoo artist dengan benar. Misalnya, tato belum sembuh kamu garuk-garuk, trus luka, habis itu nggak dirawat, dan sebagainya.

Sinar Matahari

Tahukah kamu kalau sinar matahari adalah musuh bagi tato? Kok bisa? Ya, soalnya sinar UV yang menembus kulit bisa memecah pigmen. Makanya risikonya bukan hanya bleber tapi juga bisa cepat pudar, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu melindungi tato dari sinar matahari langsung (terutama pas tato masih baru). Setelah healed trus misal pas lagi pengen jalan-jalan panas-panasan juga jangan lupa untuk pakai sun block untuk mengurangi dampak sinar UV terhadap tato kamu.

Cara Mengatasi Tato Melebar

Trus cara mengatasinya gimana dong? Kalau udah terlanjur sih, sayang sekali harus dikatakan bahwa cara mengatasinya hanya bisa dengan treatment laser removal yang mahal itu. Caranya, dilaser di bagian yang bleber sementara garis aslinya dipertahankan.

Tapi mungkin nggak semua orang memiliki dana untuk melakukan itu. Makanya jauh lebih baik untuk mencegah.

Cara Mencegah Tato Melebar

Cara ini nggak menjamin seratus persen tatomu nggak akan mbleber, tapi akan mengurangi kemungkinannya.

Caranya kalian juga udah baca tadi aku sebutin satu-satu: pilih tattoo artist yang terpercaya, pas ditato jangan banyak gerak, ikuti instruksi perawatan tato dengan benar, jangan diekspos ke sinar matahari, kalau panas-panasan jangan lupa pakai sun block. Ini penting bukan hanya untuk mencegah tato bleber, tapi juga mencegah tato cepat pudar.

Semua yang aku tulis di sini masih berdasarkan kemungkinan dan pengalaman orang-orang ya. Bukan suatu kepastian. Masih banyak banget kemungkinan penyebab tattoo bleber ini termasuk mungkin kondisi kulit masing-masing orang yang berbeda-beda.

Tattoo artist atau siapapun yang lebih berpengalaman dalam hal ini, kalau mau mengoreksi atau menambahi, kami tunggu komennya.

Tattoo virgin. Bisa ditemui di akun facebooknya.

Atikel Terkait “Penyebab Tato Melebar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *