Hal-hal yang Disiapkan Tattoo Artist Sebelum Mentato

Tattoo.id – Persiapan tattoo artist sebelum mulai membuat tato Aku bukan tattoo artist dan aku merasa sungguh nggak kompeten untuk menulis ini. Tapi berhubung banyak yang nyari tahu, ya apa boleh buat. Aku usahakan sebaik-baiknya dengan nanya ke sana ke mari. Kalau masih banyak yang kurang atau salah, dan pembaca sekalian mau mengoreksi atau menambahkan, silakan banget lho. Kami akan sangat bahagia menerima masukan. image credit Tremor Art Tattoo

Langsung aja ya, hal-hal apa saja sih yang disipakan tattoo artist sebelum memulai proses tato?

Desain

Pertama adalah menyiapkan desain. Beberapa artist lebih suka menggambar desain langsung di kulit, tapi banyak juga yang lebih memilih menggambar desain di kertas dulu kemudian ditransfer ke kulit pakai transfer paper. Nah, desain ini harus disiapkan dulu di awal. Ya kali udah siap ngidupin mesin tapi desainnya belum ada? Hemm.

Menyiapakan Alat Tato

Kalau desainnya udah siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat-alat perang yang terdiri dari mesin, jarum, karet pengaman, dan semua hal yang berhubungan dengan mesin biar mesinnya bisa bekerja. Di langkah ini, tattoo artist akan memastikan kalau clip board dan pedal udah terhubung ke sumber listrik. Jangan sampai udah mulai, eh, lupa belum dicolokin. Wkwkwk. Pada tahap ini juga tattoo artist memastikan pengaturan kecepatannya udah pas.

Persiapan Kesehatan

Persiapan kesehatan meliputi mensterilkan alat-alat. Biasanya alat yang digunakan ulang seperi mesin. Ada alat khusus untuk mensterilkan alat ini, tapi nggak semua artist punya. Kalau yang nggak punya biasanya akan membersihkan mesinnya pakai alkohol.

Kalau jarum dan peralatan lain yang bersifat sekali pakai sih masih berada dalam kemasan steril tersegel dan tattoo artist baru membuka jarum ini saat akan mulai proses tato. Di depan klien.

Persiapan kesehatan ini penting banget. Wajib hukumnya. Klien harus lihat sendiri tattoo artist membuka kemasan barang-barang sekali pakai untuk memastikan itu bukan bekas. Kalau misalnya kamu mau bikin tato dan tattoo artistmu nggak melakukan ini, segera lari. Selamatkan nyawamu!

Persiapan Kulit

Pertama-tama, kulit akan dicukur. Ini untuk mencegah bulu ketarik-tarik atau mbundet pas proses tato. Selain itu juga menghindari bulu tumbuh tapi terjebak di dalam kulit (ingrown hair) saat tato sembuh.

Setelah itu, kulit akan dibersihkan pakai alkohol. Katanya yang paling pas adalah menggunakan alkohol 70% karena kalau lebih dari itu akan terlalu cepat kering dan jadi butuh waktu lebih lama untuk membersihkannya (karena diulang-ulang). Proses ini selain bikin kulit bersih juga membantu stencil lebih nempel. Sekalian membersihkan minyak, keringat, dan kotoran yang menempel di kulit gitu.

Menempelkan Stencil

Kalau kulit udah siap, saatnya menggambar desain atau menempelkan stencil dengan menggunakan transfer paper. Ini juga melibatkan komunikasi dengan klien mengenai lokasinya pas bener di sini apa enggak, sudut dan kemiringannya udah pas apa belum, dan lain sebagainya. Ini harus pas banget. Karena desain ini yang akan jadi panduan mentato. Jadi klien juga harus memperhatikan emang udah pas sesuai yang dia mau atau belum. Kalau memang rasanya kurang pas, misal terlalu ke bawah, terlalu ke samping, atau apa, bilang ke tattoo artistnya yaa.

Mulai Proses Tato

Kalau udah siap semuanya baru mulai proses tato. Saat mentato, pastikan alat-alat yang dibutuhkan semuanya dalam jangkauan. Seperti tisu untuk ngelap, pembersih, Vaseline, dan plastic wrap.

Pokoknya semua yang dibutuhkan sebelum, saat, dan setelah tato jadi harus berada dalam jangkauan dan bisa dilihat. Jangan sampai pas lagi butuh, ndadak nyari-nyari dulu dan lupa naruh di mana. Hahaha.

Ya tapi aku yakin nggak ada yang kayak gitu sih. Tattoo artist profesional pasti tahu apa yang mereka butuhkan dan apa yang harus mereka persiapkan, kan?

Oke, kalau gitu. Ini kan cuma pengetahuanku yang terbatas sebagai seseorang yang sungguh awam. Jadi aku berharap banget tattoo artist yang punya pengalaman praktik sungguhan, sudi kiranya berbagai pengalaman di kolom komentar yaa.

Bener nggak sih, itu semua langkah-langkahnya? Atau ada yang terlewat belum aku sebutin? Please, feel free to comment.

Nah untuk yang mau ditato baca juga sebelum ditato perhatikan hal ini

Tattoo virgin. Bisa ditemui di akun facebooknya.

Atikel Terkait “Hal-hal yang Disiapkan Tattoo Artist Sebelum Mentato”

2 thoughts on “ Hal-hal yang Disiapkan Tattoo Artist Sebelum Mentato ”

  1. saya pingin bikin tato di lengan, tp spertinya kulit saya bermasalah,
    kulit saya termasuk sensitif, kena gores aja udah memerah
    apa bisa tato di kulit yg sensitif?
    thx

    1. Kalau kulit sensitif baiknya tetep dikonsultasikan ke dokter dulu, kak. Karena seberapa sensitifnya kan dokter yang tahu. Beberapa tinta tato mengandung logam berat yang bisa menimbulkan reaksi beda-beda di tiap kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *