Sebelum Di Tato Perhatikan Hal Ini

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum di tato. Ini penting banget terutama bagi yang belum berpengalaman ditato. Oleh karena itu Online Indonesian Tattoo Magazine akan mengulas tentang itu.

Kamu udah kepengen banget tatoan sejak lama. Kalau lihat orang lain tatoan langsung memandang iri bin kepengen. Saking pengennya sampai digambarin sendiri pakai spidol. Atau malah beli sosis yang ada hadiah tattoonya. Dan akhirnya, setelah semedi yang panjang, kamu memutuskan untuk merajah tubuhmu. For real. Permanen. Selamat atas keputusan yang kamu ambil. Tapi sebelum itu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum di tato. Apa saja?

Sepenting Apa Tattoo Itu di Kemudian Hari?

Vincent membuat tattoo dengan letter nama pacarnya, SUSI. Dua bulan kemudian mereka putus kemudian Vincent mulai pacaran dengan Juwita. Iapun mengcover-up tattoo letter SUSI dengan JUWITA. Dua hari kemudian mereka putus dan Vincent mulai pedekate dengan Ratri. Diapun merencanakan untuk mengcover-up tattonya lagi, dan seterusnya.

Inilah mengapa sebelum di tato, ada baiknya kamu pikirkan terlebih dahulu makna tattoo itu buatmu. Pilih gambar tattoo yang maknanya everlasting buat kamu. Bukan yang sebulan dua bulan seperti Vincent.

Alasan Sebelum Di Tato

Kenapa bertattoo? Banyak alasan seseoraang bertato. Fa Empel menganggap tattoo membuatnya keren. Ada yang menganggap tattoo membuatnya terlihat seksi dan menggoda. Ada yang membuat tattoo untuk menandai peristiwa penting yang terjadi pada hidupnya.

Kamu sendiri, apa alasanmu sebelum di tato? Sebenarnya apapun alasan seseorang bertattoo mau itu penting, atau sekedar mengikuti tren tidak masalah buat si tukan tattoo, teman, apa lagi buatku. Ini justru jadi masalah besar bagi dirimu sendiri. Pikirkan baik-baik kenapa kamu kepengen ditato, karena tattoo yang ini tidak akan ilang kalau kena sabun seperti tattoo hadiah sosis. Tattoo yang ini akan selalu ada dan mengikutimu ke mana-mana. Jangan sampai kamu tatoan hari ini karena pengen pamer dan langsung menyesal keesokan harinya.

Baca juga:  Mencegah Pingsan Saat Ditato

Artist

Sebelum Di Tato
Image Credit By Edho Thinkink House‎

Pelangi tak dapat tercipta tanpa hujan. Begitu pula tattoo yang nggak bisa muncul gitu aja di permukaan kulit. Oh, ada ding yang bawaan bayi, biasanya warna item atau coklat. Tapi itu tanda lahir. Ngerti kan, bedanya? Mau tatoan, otomatis kamu pasti akan mencari tukang tattoo, atau tukang masak, kalau kebetulan tukang masaknya bisa nato. Pokoknya kamu pasti akan mencari orang yang bisa membuat tattoo. Tahap ini penting. Penting banget. Jangan sampai kamu salah memilih aku misalnya, yang nggambar lingkaran pakai jangka aja bisa nggak ketemu titiknya tapi ngaku-ngaku sebagai tukang tattoo professional.

Sebelum di tato, luangkan banyak waktu untuk ‘menyelidiki’ si tukang tattoo. Masuk forum, kenalan, lihat portofolionya, tanya-tanya sama temen yang ngerti tattoo, minta referensi, dan sebelum benar-benar memutuskan untuk ditato sama orang yang bersangkutan, ada baiknya ketemu dulu buat sekedar ngobrol biar mesra.

Pilih artist yang memperhatikan kebersihan dan keamanan. Kamu nggak mau kulit kamu jadi korban malpraktik kan? Perhatikan juga hasil gambar dari portofolio yang sudah kamu amati. Hasil gambarnya bagus apa enggak, gayanya cocok atau tidak?

Beberapa tattoo artist punya web sendiri. Tapi bagi yang tidak membuat web, kamu masih bisa ubek-ubek facebooknya untuk melihat foto-foto hasil karyanya sebelum di tato.

Ngerti kan, nggak semua orang suka tattoo. Kita semua tahu itu. Akan ada banyak reaksi negatif tentang tattoo kamu. Apakah kamu sudah siap dengan reaksi orang-orang di sekitarmu? Apakah reaksi mereka akan mempengaruhimu? Kalau kamu tipe yang mudah terpengaruh dengan omongan orang, sebaiknya pikir lagi seribu kali sebelumnya.

Siapkan Budget Sebelum Di Tato

Griya Tatu Studio
Image Credit By Griya Tatu

 

Baca juga:  Persiapan Sebelum Ditato

Ini sangat-sangat penting. Seni itu mahal. Demikian pula tattoo. Sebelumnya cari tahu harga, kemudian perkirakan kamu mau gambar apa dan sebesar apa. Setelah itu, persiapkan budgetnya. Jangan tergoda dengan harga murah tapi kualitas yang dipertaruhkan. Aku pernah diajakin temen bikin tattoo di temennya. Katanya yang penting bawain arak aja. Lah, setelah tak selidiki melalui ngobrol-ngobrol sama dia, ternyata natonya pakai mesin rakitan dan jarum jahit dan jelas lah, nggak steril sama sekali. Hasil gambarnya juga lumayan nggak karuan. Ya aku nggak mau dong. Kalau budget kamu belum mencukupi, mending nabung dulu. sebelum di tato tidak ada salahnya juga berdoa, kali aja ada temen kamu tattoo artist yang mau ngasih diskon. Heu heu!

Tahan Rasa Sakit?

Udah tahu proses tattoo itu gimana? Berdasarkan investigasi aku nanya-nanya ke orang yang pernah ditato, semuanya bilang sakit. ditato itu sakit. Jadi kamu kuat menahan rasa sakit nggak? Kalau kamu terlihat begitu menderita dan tiap kali jarum nempel setitik kamu udah nangis gedor-gedor pintu kan tattoo artistnya juga yang susah.

Penting juga untuk memastikan kamu nggak alergi terhadap tinta tattoo. Kalau kamu punya kulit sensitif dan gampang alergian, yang kena debu aja gatel sampai kamu harus pakai baju kaya punya astronot ke mana-mana, sebelum di tato mending konsultasi dulu sama dokter kulit kamu. Kamu nggak mau kan reaksi alerginya jadi infeksi kalau ternyata kulitnya nggak kuat?

Cara Merawat

Nah, kalau sudah oke semuanya, dan kamu akhirnya udah sukses ditato dengan selamat, perhatikan baik-baik instruksi dari tattoo artistnya mengenai petunjuk perawatan biar hasilnya maksimal. Tattoo artist nggak akan menyesatkanmu kok.

Baca juga:  Step by Step Cara Merawat Tato Baru

Itu tadi hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum di tato. Semoga bermanfaat, dan bagus hasil tattoonya. Isthar Pelle

Tattoo virgin. Bisa ditemui di akun facebooknya.

Related Post to Sebelum Di Tato Perhatikan Hal Ini

3 thoughts on “ Sebelum Di Tato Perhatikan Hal Ini ”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *