Tato di Bekas Luka

Tattoo.id-Tato di Bekas Luka Apakah mungkin membuat tato di bekas luka? Jawabannya adalah … tergantung. Hehehe. Pada dasarnya, sebuah tato tetap bisa dibuat di bekas luka. Bahkan beberapa orang memang sengaja membuat tato untuk menutupi bekas lukanya. Tapi kadang bahkan tattoo artist berpengalaman pun menolak untuk membuat tato di bekas luka karena beberapa alasan.

Membuat tato di bekas luka memang sedikit berbeda dengan membuat tato di kulit tanpa bekas luka. Misalnya saja adanya perubahan warna, perubahan tekstur kulit, dll yang berpengaruh pada proses dan hasil tato.

Ada kemungkinan hasil tatonya nggak jadi seperti yang diharapkan, mungkin ada warna yang kurang jelas, dan tato di bekas luka yang parah (tekstur kulit berubah) juga membutuhkan teknik khusus sehingga mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama daripada tato di kulit yang nggak luka.

Faktor-faktor yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membuat Tato di Bekas Luka

Ada beberapa yang harus diperhatikan dan biasanya hal-hal ini juga yang dijadikan pertimbangan tattoo artist sebelum membuat tato di bekas luka:

Warna Kulit yang Terluka

Beberapa luka tidak hanya meninggalkan bekas bertekstur tapi juga membuat perubahan pada warna kulit. Ada yang menjadi gelap, ada yang menjadi lebih terang dibandingkan warna kulit di sekitarnya. Hal ini juga tergantung pada berapa lama usia luka itu karena seiring berjalannya waktu, biasanya warnanya berubah. Misalnya saja luka baru warnanya cenderung kemerahan. Makin lama bisa menjadi makin gelap atau makin terang. Hal ini harus dipertimbangkan karena kalau di masa depan warnanya berubah, tentu akan berpengaruh pada tato.

Lebar Luka

Tentu saja ukuran bekas luka juga berpengaruh. Makin lebar ukurannya, dibutuhkan usaha lebih banyak untuk membuatnya tertutup sempurna. Belum lagi risiko hasil yang tidak sesuai harapan juga makin besar. Jadi lebar luka ini juga menjadi satu pertimbangan penting terutama dalam menentukan desain, warna, dan teknik mentato.

Kedalaman Luka

Luka ringan tipis yang nggak terlalu merusak kulit lebih mudah untuk ditutupi dengan tato. Misalnya hanya menyebabkan perubahan warna (ada bekas koreng item) tapi nggak menyebabkan perubahan bentuk dan tekstur kulit. Sementara luka yang lebih dalam sampai mengubah tekstur kulit akan lebih sulit untuk ditutupi. Apalagi perubahan tekstur kulit juga berpengaruh pada kesuksesan masuknya tinta dan di akhir juga hasilnya bisa berbeda.

Apakah Berpotensi Menimbulkan Keloid?

Hal ini bisa dilihat berdasarkan pengalamanmu sendiri: apakah kamu pernah mengalami keloid? Kalau kamu termasuk orang yang gampang terkena keloid saat terluka, menutup bekas luka dengan tato bisa jadi lebih berrisiko karena bisa jadi menimbulkan keloid. Maka dari itu penting untuk memilih tattoo artist yang memang sudah berpengalaman mentato di bekas luka. Bicarakan kondisi kulitmu dan hal apa yang bsia dilakukan agar bekas lukamu tetap bisa ditutup tato tanpa risiko menjadi keloid.

Usia Luka

Satu hal yang harus diingat, kamu nggak boleh membuat tato di luka yang masih baru. Soalnya kalau luka yang masih baru itu dilukai lagi (dengan jarum tato), yah, selain pasti sakit banget, tintanya bisa nggak masuk, juga bisa menyebabkan iritasi, kerusakan kulit dan berpotensi menjadi keloid. Harus nunggu sembuh dulu seenggaknya beberapa lama. Bisa beberapa minggu, bulan, atau bahkan tahun (tergantung lukanya) untuk memastikan kulit benar-benar sembuh dan nggak ada perubahan lagi di masa yang akan datang.

Nah, itulah faktor-faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membuat tato di bekas luka. Jelas, nggak akan semudah membuat tato di kulit yang tidak luka. Beberapa tattoo artist mungkin akan mengatakan nggak sanggup kalau teknik yang dibutuhkan memang di luar bidang keahliannya. Atau juga khawatir akan risiko yang mungkin terjadi. Jadi usahakan mencari tattoo artist yang memang berpengalaman membuat tato di bekas luka dan selalu bicarakan segalanya secara terbuka soal kondisi kulitmu. Seberapa sensfitif, apakah memang mudah membekas kalau terluka, potensi keloid, dan sebagainya supaya tattoo artist bisa memutuskan langkah terbaik apa yang bisa diambil.

Lebih lengkap mengenai tato di bekas luka, silakan klik gambar di gallery. Seperti biasa, kalau ada tattoo artist yang mau menambahkan mengenai tato di bekas luka ini, kami tunggu masukannya di kolom komentar yaa.

Happy inking!

Baca juga: Penyebab Tato Melebar

Tattoo virgin. Bisa ditemui di akun facebooknya.

Atikel Terkait “Tato di Bekas Luka”

4 thoughts on “ Tato di Bekas Luka ”

  1. ak juga bikin di lengan bekas jahitan,
    awalnya sih takut klo ada efeknya, tpi akhirnya gda masalah kok,,
    cuman berbagi pengalaman loh sist, bukannya menyarankan hehe
    tapi kalau masih ragu sih mending konsultasikan dulu ke yang lebih paham masalah kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *