Tato Full di Lengan Tangan – Rencanakan Desainnya Agar Lebih Keren

Tattoo.id – Tato Full di Lengan Tangan Di forum, sering kali aku nemu orang yang nanya “Kalau mau tato full di lengan tangan kira-kira butuh dana berapa ya, bosku?” Cukup banyak yang nanya kayak gini. Menurutku sih ini menunjukkan tingginya minat akan tato di lengan tangan alias selengan full (harus dijelasin gitu?). Pokoknya pengennya langsungan setangan full. Yang ketutupan baju masih polos dulu nggak apa-apa. Yang penting tangannya full dulu biar keren. Mahahaha. Maap. Foto tato leak diatas adalah karya bli Kenyoz Sudama.

Oke, jadi, sebelum memutuskan untuk tato langsungan selengan full, mending ketahui beberapa hal ini dulu.

Macam-macam Tato Full di Lengan Tangan

Pada dasarnya, tato full di lengan dibagi menjadi dua macam. Bukan macam sih ya, lebih ke tahapan atau perencanaan. Yaitu, yang udah direncanakan dulu sejak awal full desain, atau yang ‘dicicil’ per gambar sampai penuh setangan.

Sebenernya sih ini nggak hanya berlaku untuk tato di tangan aja, tapi di tato seluruh badan juga gitu. Ada orang yang merencanakan matang-matang desain tato di seluruh tubuhnya, ada yang nyicil satu per satu tanpa benar-benar merencanakan desain keseluruhan secara utuh.

Yang mana yang lebih benar? Semua benar. Nggak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Toh yang direncanakan full juga biasanya nggak selesai dikerjakan dalam sekali duduk. Tetep butuh beberapa kali sesi. Tapi masing-masing tetep punya kelebihan dan kekurangannya seperti berikut ini:

Desain Tato Yang Direncanakan

Kelebihan tato yang sudah direncanakan desain keseluruhannya adalah hasil akhirnya udah pasti rapi, nyambung, koheren, dan harmonis. Ya, harmonis. Nggak kayak hubungan percintaan kamu.

Kekurangannya, karena prosesnya bisa agak lama dan butuh beberapa kali sesi, pada tahapan awal-awal, tatonya bakal kelihatan kalau belum jadi. Mungkin di tahap awal baru outline dulu, sesi berikutnya baru pewarnaan, dan seterusnya. Masing-masing sesi ini juga ada jedanya. Jadi selama beberapa waktu ya harus pede jalan-jalan dengan tato yang ‘belum jadi’ ini.

Desain Tato Yang Satu per Satu

Kelebihannya, karena desain gambarnya lebih kecil-kecil dan pisah-pisah, tiap gambar bisa langsung jadi dalam sekali sesi. Masing-masing gambar berdiri sendiri jadi nggak ada kesan ‘belum jadi’. Orang-orang juga belum tentu tahu itu nantinya bakal dipenuhi atau enggak.

Kekurangannya, di akhir nanti setelah penuh bisa jadi tatonya kelihatan kurang rapi dan nggak nyambung (misal karena tema dan gaya yang beda-beda). Tapi tenang aja sih, karena tato pisah-pisah kayak gini masih bisa disatukan dengan memberi filler di antara gambar yang beda-beda itu. Bisa berupa background atau apa dengan tema sama yang menyatukan semuanya.

Alternatif Lain

Bisa juga kamu merencanakan satu desain utuh dari awal, dengan beberapa gambar terpisah yang satu tema. Jadi meskipun dikerjainnya satu-satu, sebenernya itu bagian dari satu desain besar yang utuh. Ini pilihan tengah-tengah yang mengambil keuntungan dari kedua cara. Selama prosesnya tiap gambar sudah langsung jadi, dan di akhirnya tetep kelihatan rapi.

Tips Tato Full di Lengan Tangan

Masalahnya kadang, orang nggak selalu merencanakan tatonya untuk jadi full selengan. Kadang ya pengen gambar satu, ditato dulu, besoknya pengen gambar lain, ditato nyusul, dan seterusnya sampai tahu-tahu jadi banyak. Jadi emang pada awalnya nggak ada rencana mau bikin full. Dan ini nggak masalah sama sekali. Toh nantinya masih bisa dihubungkan.

Nah, bagi yang sejak awal emang udah berencana pengen full lengan tangan, ada beberapa tips yang … emm, nggak harus diikuti sih, terserah aja. Wkwkwk.

1. Walau desain tato terpisah-pisah dan dibikinnya satu-satu, usahakan semua gambar memiliki satu tema dan gaya yang sama. Jadi nantinya mudah dihubungkan dan hasil akhirnya kelihatan rapi kayak direncanakan dengan baik dan matang.

2. Jangan menyia-nyiakan area yang luas untuk gambar kecil-kecil. Kalau bisa ukuran tato menyesuaikan area kulit yang ditato. Gambar kecil-kecilnya nanti buat filler aja yang menghubungkan. Jadinya nggak sayang, kelihatan kayak banyak tempelan gitu.

Udah, itu aja sih. Ini cuma tips buat yang berencana bikin tato full di lengan tangan agar lebih keren dan rapi. Nggak harus diikuti. Terserah aja. Sama seperti seni pada umumnya, nggak ada istilahnya tato salah. Bahkan tato jelek pun nggak bisa disalahkan. Hehehe.

Pembaca yang budiman, punya pengalaman merencanakan tato full di lengan tangan? Bagi dong ceritanya di komentar. Atau tattoo artist yang lebih berpengalaman mau menambahkan tips-tips terbaiknya? Seperti biasa, kami tunggu dengan senang hati kontribusinya di kolom komentar yaa.

Jangan lupa baca juga tips Cara Merawat Tato Baru

Tattoo virgin. Bisa ditemui di akun facebooknya.

Atikel Terkait “Tato Full di Lengan Tangan – Rencanakan Desainnya Agar Lebih Keren”

2 thoughts on “ Tato Full di Lengan Tangan – Rencanakan Desainnya Agar Lebih Keren ”

  1. kalo gw sih mending yang satu per satu
    pngalaman sendiri sih,, tattoo gw dulu cmn satu di lengan atas.
    pas lagi pengen nmbah gambar balik studo nmbah lagi di sikut
    selang beberapa bulan nmbah lagi tattoo di telapak tangan
    awalnya sih keliatan kaga’ nyambung
    tp waktu terakhir difinishing di studio yang sama hasilnya baru terlihat rapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *