Tattoo Maori

Maori adalah nama suku asli di New Zealand. Mereka memiliki seni rajah tubuh yang disebut moko atau lebih dikenal sebagai Tattoo Maori. Seni tattoo itu dibawa dari Polynesia dan dianggap suci.

Orang-orang Maori menganggap kepala sebagai anggota tubuh yang paling suci. Oleh karena itu, kebanyakan tattoo maori ada di wajah dengan banyak lengkungan dan motif spiral. Seringnya, tattoo Maori menutup seluruh wajah dan menyimbolkan kelas, status sosial, kekuatan, dan kebanggaan.

Bagi orang Maori, tattoo merupakan bagian dari upacara dan ritual adat. Orang Maori biasanya mulai ditattoo pada usia remaja.

Yang unik dari tattoo Maori adalah, tidak ada satupun tattoo yang sama. Setiap tattoo memiliki detail yang berbeda yang merepresentasikan seni dan budaya Maori.

Tukang tattoo di suku Maori disebut tohunga ta moko yang berarti ahli moko. Tukang tattoo ini sangat-sangat dihormati dan dianggap suci. Tohunga ta moko biasanya adalah laki-laki tapi ada juga yang perempuan.

Tattoo Maori sangat Kompleks

tato maori 6

Pembuatan tattoo Maori tradisional tidak melibatkan jarum sama sekali. Apalagi mesin tattoo yang canggih-canggih. Tattoo Maori tradisional dibuat dengan menggunakan apa coba? Pisau, pahat, gigi hiu, tulang yang diruncingkan, atau batu yang diasah. Pahatnya terbuat dari tulang elang laut. Pisau dan pahat digunakan bergantian sesuai kebutuhan desain tattoo yang dibuat.

Tinta yang digunakan semua dari bahan alami seperti arang, kumbang, getah yang dicampur lemak hewan. Sebelum membuat tattoo, tohunga ta moko akan mempelajari struktur wajah orang yang akan ditattoo, baru memutuskan desain yang paling pas. Makanya setiap tattoo Maori itu unik.

Tattoo Maori itu Sangat Menyakitkan

tato maori 4

Untuk membuat tattoo Maori tradisional, hal pertama yang dilakukan adalah menoreh kulit dengan pisau. Setelah itu, gigi hiu atau tulang yang tajam dimasukkan ke dalam tinta dan ditotol-totol ke luka torehannya. Makanya tattoo maori tradisional setelah sembuh akan meninggalkan alur di wajah.

Baca juga:  Panduan Memilih Desain Tato

Tattoo Maori memakan waktu yang lama. Karena prosesnya yang menyakitkkan, penatoan dilakukan sedikit demi sedikit.

Tattoo Maori sangat Suci

tato maori 3

Saking dianggap sucinya, sampai-sampai orang yang sedang menjalani proses tattoo tidak boleh makan dengan menggunakan tangan mereka (aku nggak tahu trus mereka makannya gimana. Mungkin disuapin) dan tidak boleh bicara dengan orang selain yang sudah ditattoo juga. Selama proses tattoo juga pasien dilarang menangis karena menangis dianggap sebagai kelemahan (catet ini, mblo!). Mampu menahan rasa sakit adalah hal yang sangat penting dan merupakan kebanggaan bagi orang-orang Maori.

Selama proses tattoo, pasien tidak boleh berhubungan seksual dan harus menghindari makanan solid. Mereka diberi makan dengan menggunakan corong kayu untuk menghindari kontaminasi makanan terhadap kulit. Mereka akan terus diberi makan dengan cara ini sampai tatonya benar-benar sembuh.

Karena kulit wajah banyak berdarah dan bengkak, daun pohon karaka digunakan sebagai balsem yang dioleskan ke kulit setiap selesai ditattoo. Ini juga berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan. Proses tattoo biasanya diiringi musik dan nyanyian untuk membantu mengurangi rasa sakit. Atau mungkin mengalihkan perhatian si pasien dari rasa sakit.

Anggota Tubuh yang Ditattoo

tato maori 5

Fokus utama tattoo Maori adalah di wajah. Laki-laki biasanya ditattoo satu wajah full, sedangkan perempuan biasanya ditattoo di dagu dan bibir. Beberapa orang laki-laki juga memiliki tattoo di anggota tubuh lain seperti punggung dan kaki, sedangkan perempuan lebih sering memiliki tattoo di lengan, leher, dan paha.

Status Sosial dan Identitas

tato maori 12

Hanya orang-orang yang memiliki status sosial tinggi yang boleh memiliki tattoo di wajah. Orang yang tidak memiliki status sosial seperti misalnya budak, dianggap tidak pantas memiliki tattoo di wajah.

Baca juga:  25 DESAIN TATTOO POPULER DAN ARTINYA

Tattoo Maori di wajah tidak hanya berfungsi sebagai simbol status sosial, tapi juga menjadi semacam kartu identitas. Bagi laki-laki, tattoo di wajah mereka menunjukkan pencapaian, status, posisi, dan status perkawinan. Jadi orang Maori nggak bisa gitu bohongin cabe-cabean ngaku masih jomblo padahal udah nikah. Karena status pernikahan tercetak jelas di wajah mereka.

Karena itu semua, di Maori kita akan dianggap sangat tidak sopan kalau sampai gagal mengenali posisi dan kekuatan orang dari mokonya.

Tattoo Maori sebagai Seni Modern

tato maori

Sejak pola tribal menjadi semakin populer pada akhir tahun 1990-an, semakin banyak juga yang mengadaptasi desain Maori dan menggabungkannya dengan desain modern. Hanya saja prosesnya juga sudah modern dengan menggunakan jarum tattoo dan bukannya gigi hiu.

Desain dan Makna

Makna tattoo Maori tradisional lebih merupakan identitas bagi pemiliknya. Namun, ada beberapa desain umum yang digunakan dalam tattoo Maori modern sebagai berikut:

Koru (spiral):

tato maori 7

Melambangkan awal yang baru, pertumbuhan, dan harmoni.

Hei Matau (kail):

tato maori 8

Melambangkan kemakmuran, kekuatan, kesehatan, dan keselamatan di dalam air.

Single twist:

tato maori 9

Melambangkan jalan hidup atau takdir dan keabadian.

Double or triple twist:

tato maori 10

Melambangkan bersatunya dua orang atau dua budaya yang berbeda. Selain itu juga melambangkan jalan hidup yang naik turun, ikatan persahabatan, dan kesetiaan.

Manaia:

tato maori 11

Dikenal sebagai pelindung spiritual dan pembawa kekuatan supernatural. Umumnya digambarkan dengan kepala burung, badan manusia, dan ekor ikan yang melambangkan perlindungan di udara, tanah, dan air.

Hei Tiki:

tato maori hei tiki

Dikenal sebagai pemikat keberuntungan. Dikenal juga sebagai simbol kesuburan. Dimaksudkan supaya pemiliknya memiliki pemikiran yang jernih dan berpengetahuan.

Sebenarnya masih banyak lagi simbol tato maori beserta maknanya masing-masing. Tapi yang paling populer dan paling sering digunakan yang di atas itu. Kalau ada yang mau nambahin, boleh banget yuk kita diskusi di kolom komentar.

Related Post to Tattoo Maori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *